Selasa, 24 Juli 2018

Keistimewaan, keunggulan, dan prestasi yang telah diraih Universitas Muhammadiyah Malang

“Keistimewaan, keunggulan, dan prestasi yang telah diraih Universitas Muhammadiyah Malang”
Assalamu’alaikum wr.wb
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Timur yang berdiri sejak tahun 1964 di bawah naungan organisasi Muhammadiyah. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia yang terakreditasi “A” dengan nomor SK 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013. UMM berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas No. 246 Kota Malang, Jawa Timur. Warna putih yang mendominasi kampus membuat UMM disebut kampus putih.


Pengurus pusat Muhammadiyah memberi mandat UMM untuk membina seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah wilyah Indonesia Timur karena merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat. Program-program yang didesain dengan cermat menjadikan UMM universitas yang benar-benar dalam antrian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga UMM mendapat gelar “The Real University”.

Untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikannya, UMM saat ini mengelola 11 Fakultas dengan 1 Program Pascasarjana dan 3 Program Doktor. Dari ketiga program tersebut terdapat 3 Prodi Diploma, 3 Prodi Strata 1, 11 Prodi Pascasarjana, 3 Program Doktor dan 4 Program Profesi. Kegiatan perkuliahan  tersebar di tiga kampus yakni, Kampus I, Kampus II, dan Kampus III.
Ada beberapa keunggulan UMM contohnya dalam memberikan fasilitas. Fasilitas tersebut berupa;
1. Fasilitas akademik
2. Fasilitas akademik seperti ruang kuliah, laboratorium, dan perpustakaan.
3. Fasilitas non akademik
4. Fasilitas non akademik seperti pusat kegiatan mahasiswa, poliklinik, dan asrama mahasiswa.
5. Fasilitas penunjang
6. Fasilitas penunjuang seperti kampus, gedung perkantoran, balai, aula, kendaraan, plasa internet, komunikasi, PLTMH, dan lahan parkir.
7. Fasilitas publik
8. Fasilitas publik seperti masjid, hotel, rumah sakit, penerbitan UMM, book store, bengkel sepeda motor, dome UMM, mall, SPBU, kafeteria, pusat sovenir, dan toko.
9. Fasilitas rekratif
10. Fasilitas rekreatif seperti stadion, dome UMM, lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal, lapangan bulutangkis, tenis meja, panjat tebing, dan kolam kano.

Keunggulan-keunggulan tersebut adalah sebagian kecil dari keunggulan yang dimiliki UMM. Selain memiliki banyak keunggulan UMM juga memiliki banyak prestasi diantaranya;
1. 50 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi dikti.
2. The 100 promosing university versi dikti.
Ranking 7 PTS terbaik di Indonesia versi Globe Asia Magazine (2007)
3. LKampus terunggul di Jawa Timur versi kopertis VII (2008)
4. ĹlPaten dan Hak Cipta
5. Kampus terunggul dalam penelitian Tk. Kopertis wil. VII (2008)
6. Tersertifikasi KNAPP (Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan) Kementrian Riset dan Teknologi RI.
7. Pengembangan program KKN terpadu dan tematik percepatan pemberantasan buta aksara (PBA) bekerjasama dengan dikti.
8. Pengembangan PAUD dan SIBERMAS.
Fasilitator kredit permodalan UKM.
9. Itulah beberapa keunggulan, keistimewaan, dan prestasi yang telah diraih oleh UMM, dan menjadi alasan saya untuk melanjutkan pendidikan saya di UMM.
Sekian
Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Sumber:
https://www.umm.ac.id/id/pages/prestasi-pengabdian.html
https://indarsyarif.student.umm.ac.id/2017/06/09/keistimewaan-keunggulan-dan-prestasi-yang-telah-di-raih-oleh-universitas-muhammadiyah-malang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar